03 Mei 2019 09:48:11
Ditulis oleh Admin

Pelatihan Website Desa, Peserta Dituntut Profesional

Sobontoro-tambakboyo.desa.id - Kamis (2/5/19)

Sebanyak 18 operator website desa se-Kecamatan Tambakboyo mengadakan pelatihan jurnalistik . Pelatihan yang ditempatkan di Balai Desa Glondonggede ini dihadiri narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tuban. Selain jurnalistik, tata cara pengoperasian website desa juga ditekankan kepada para peserta pelatihan.

Dalam penjelasannya, Diskominfo Tuban yang diwakili oleh Widyi Utomo menghimbau agar para operator desa lebih aktif dalam mempublikasikan potensi desa, agar masyarakat luas bisa mengenal desa kita. “Kalau tidak kita publikasikan, masyarakat luas tidak akan mengenal desa kita,” tuturnya. Lebih lanjut dijelaskan oleh narasumber, Yeni Dyah Hartatik (39), bahwa jurnalistik harus menguasai tata Bahasa Indonesia yang baik benar, seperti kata baku, singkatan, dan lain-lain. “Kita harus mengerti kata baku, jangan menulis berita dengan bahasa dan kata-kata seperti SMS,” ujar wanita berjilbab ini.

Peserta yang mayoritas terdiri dari sekretaris desa ini terlihat aktif mendengarkan paparan materi yang diberikan. Tikno, Sekretaris Desa Dasin sempat bertanya terkait perbedaan antara berita dan opini. “Tolong dijelaskan perbedaan antara berita dan opini,” kata pria paruh baya ini sambil berdiri karena tidak kebagian kursi, dan kemudian dijelaskan lebih rinci oleh narasumber. Dalam menjawab pertanyaan Tikno ini, Yeni menegaskan bahwa setiap kontributor berita harus profesional dalam segala hal, baik penulisan, penyajian, dan isi berita.

Pada sesi terakhir, peserta diuji dengan menulis berita  yang langsung dipublikasikan melalui website desa masing-masing. Meski terlihat kesulitan karena belum terbiasa, rata-rata sekretaris desa mampu menyelesaikan ujian dan berhasil menulis berita. (trm)


Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus