03 Desember 2023 04:05:46
Ditulis oleh Admin Desa

Wisuda SOTH Sobontoro Upaya Perkuat Pencegahan Stunting

Sobontoro News - Salah satu cara untuk membentuk anak-anak yang sehat dan berkualitas, sekaligus meminimalkan terjadinya stunting akibat pengasuhan yang kurang tepat adalah melalui Program Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH). 

Desa Sobontoro Kecamatan Tambakboyo Kabupaten Tuban juga mengambil peran dalam pencegahan dan penurunan angka stunting salah satunya dengan mengadakan wisuda pada ibu-ibu peserta SOTH sebanyak 24 peserta dengan tujuan memberikan semangat dan berharap ilmu yang didapatkan bisa diaplikasikan di keluarga dan lingkungan sekitar.

"Melalui program SOTH, masyarakat dalam hal ini keluarga juga dapat berperan aktif menurunkan angka stunting," terang Kepala Desa Sobontoro, Widodo, dalam sambutannya, Sabtu (02/11/2023).

Dikatakan juga oleh ibu Riswati (Kepala Sekolah SOTH Sobontoro & Ketua PKK Ds Sobontoro) dalam sambutannya, SOTH dilaksanakan secara bertahap, tertata dan terukur, disertai pre test dan post test. Dengan demikian hasil pembelajaran dapat terpantau dengan baik. Pertemuan SOTH dilakukan secara tatap muka sebanyak 14 (empat belas) kali, SOTH juga memiliki syarat kelulusan salah satunya dari kehadiran.

Selama empat belas kali pertemuan, kata Erna, banyak informasi penting yang didapatkan peserta SOTH. Antara lain tentang Perencanaan Hidup Berkeluarga; Memahami Konsep Diri yang Positif dan Konsep Pengasuhan; Peran Orangtua dan Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan; Menjaga Kesehatan Anak Usia Dini; Pemenuhan Gizi Anak Usia Dini; Perilaku Hidup Bersih dan Sehat; Stimulasi Gerakan Kasar dan Gerakan Halus; Komunikasi Aktif, Komunikasi Pasif dan Kecerdasan; Menolong Diri Sendiri Dan Tingkah Laku Sosial; Pengenalan Kesehatan Reproduksi pada Anak Usia Dini; Perlindungan dan Partisipasi Anak, Menjaga Anak dari Pengaruh Media, hingga pembentukan Karakter Anak pada Usia Dini,” jelas Ibu Riswati.

Sekedar informasi, SOTH merupakan program yang digagas Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan orang tua dalam pengasuhan. Hal ini guna mengoptimalkan tumbuh kembang dan karakter positif anak. #SobontoroBersatu



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus